Resep: Ikan Asin Balado

2 mingguan yang lalu misua dikasih ikan asin segabruk sama temennya, karena temennya ini emang jualan ikan asin. tester katanya hihihi… dikasih 3 jenis ikan asin yang mana gw juga ga tau apa aja namanya. temennya ini bilang ikan asin yang tipis-tipis itu enaknya dibalado soalnya dia agak tawar. jadilah gw browsing dan akhirnya tahu ikan yg tipis-tipis itu namanya ikan asin kapas-kapas.

pas browsing-browsing ternyata banyak banget macemnya resep balado ini. ada yang pake bawang putih, tomat, & lengkuas, ada yang ga pake. ada yang pake trio daun jeruk-salam-serai, ada yang ngga. ada yang pake air asam ada yg pake jeruk limau… akhirnya pusing sendiri mau ngikutin yang mana, jadilah ngarang sendiri sambil disesuaikan dengan bahan yang ada di kulkas. hasilnya lumayan sih cuman kurang nendang, kurang lekoh bumbunya kalau kata misua. jadi pas bikin lagi beberapa hari yang lalu gw rubah dikit bumbunya, kali ini pake pete & bawang putih sedikit trus rawit, tomat & air asemnya juga dibanyakin. hasilnya jauh lebih enak dari yang sebelumnya, yayy! ini dia resepnya:
Bahan:

- ikan asin kapas-kapas, digoreng (eerr ini ga tau takarannya hahaha, semangkok muncunglah pokoknya. mungkin sekitar 100-150 gram)

- 1 papan petai, kupas & iris tipis

- 1 buah tomat ukuran besar, cincang kecil-kecil lalu tumbuk asal sampai agak berair

- 2 batang serai, memarkan

- 2 lembar daun salam

- 3 lembar daun jeruk

- 2cm lengkuas, memarkan

- 2 sdm air asam (dari 4 mata asam jawa yang dilarutkan dengan 3-4 sdm air panas)

-  1 sdt garam  (icipin dulu ikan asinnya ya, kalau ikannya sudah asin kurangin aja garamnya)

- 1,5 sdt gula pasir

- minyak untuk menumis
Bumbu, tumbuk/ulek kasar:

- 5 bawang merah

- 2 bawang putih

- 5 cabe merah besar

- 5 cabe rawit domba (yang merah-merah)
Cara Membuat:

- tumis bumbu bersama tomat, serai, daun salam, daun jeruk & lengkuas sampai wangi

- masukkan petai, air asam & garam

- aduk-aduk sampai air (dari tomat & air asam) hampir habis, masukkan gula pasir

- aduk, cicipi & sesuaikan rasanya, aduk sampai air habis

- masukkan ikan yang sudah digoreng, aduk rata.

voillaaa….

ikan asin balado

enak dimakan dengan nasi hangat *slurp*

 

About these ads

6 thoughts on “Resep: Ikan Asin Balado

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s